Road to thesis : Kegalauan Pertama

Dua hari lalu rencana topik tesisku dipresentasikan. Prosesnya terbilang cukup lancar, setidaknya peluang untuk dilanjutkan cukup besar. Namun, seperti yang sudah kutebak, pasti ada revisinya. Sebetulnya, poin-poin yang perlu direvisi sebagian sudah kuprediksi sebelumnya, pasti berkaitan dengan ‘why’ aku memilih studi kasus ERP. Sejujurnya, studi kasus ini juga keputusan mendadak, jadi memang belum kuperdalam alasan pemilihannya.

Awalnya, ERP hanya ‘sekedar’ sebagai objek pengujian yaitu untuk menguji metode yang aku pilih. Mungkin karena aku tidak pandai menjelaskan maksudku memilih ERP, bapak dosen menyangkan bahwa topik utamaku adalah si ERP itu dan tentu saja harus punya alasan mengapa aku memilih ERP. Memang lega rasanya sudah sedikit ada lampu hijau, tapi memikirkan poin-poin revisinya menjadikanku sedikit galau.

Selepas presentasi, aku coba mencari-cari literatur tentang evaluasi ERP. Memang belum ada yang mengevaluasi berbasis model kualitas, ada juga yang mengevaluasi dengan kriteria tertentu (yang sudah domain specific) dan metode perhitungan yang berbeda. Namun, aku justru ragu, apakah valid kalau aku mengevaluasi ERP berbasis model kualitas. Pertanyaan lainnya adalah model kualitas yang mana yang harus dipakai? Dari perspektif apa dan siapa yang nantinya mengevaluasi? Sebenarnya untuk siapakah dilakukan evaluasi kualitas?

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul bergantian di kepalaku membuatku kewalahan mencari jawabannya. Aku biarkan saja mengambang tanpa solusi. Sementara ini aku coba mencari literatur-literatur lain yang –siapa tahu– berkaitan. Next step adalah membuat pendahuluan. Tiga pekan lagi harus dipresentasikan. Seperti biasa, begitu melihat masih ada 21 hari lagi, keinginanku untuk segera menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dikepalaku menjadi surut. Nanti-nantilah…siapa tahu tiba-tiba muncul ilham, inspirasi, ide atau apalah namanya yang mampu mencerahkan kegalauanku.

Wallahu’alam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s