Design Pattern

Assalaamu’alaikum wr.wb

Mata kuliah Desain Pattern menjelaskan tentang solusi-solusi persoalan yang muncul pada object-oriented programming. Solusi-solusi ini dibukukan pertama kali oleh Gang of Four (GoF). Pattern digunakan untuk menghasilkan software yang good design dengan menerapkan prinsip-prinsip perancangan object-oriented. Terdapat 23 pattern dari GoF yang dikelompokkan menjadi creational, behavioural, dan structural pattern. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca di buku-buku referensi yang telah saya sampaikan di kelas. Adapun slide yang dapat anda unduh dari halaman ini sifatnya hanya ringkasan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wr.wb

E-book Design Pattern :

1. Java Design Patterns : A Tutorial

2. Applied Java Patterns

3. Design Patterns : Elements of Reusable OO Software

 

Materi ajar :

01. Pengenalan Desain Pattern, unduh di sini

02. Factory Method pattern, unduh di sini

03. Builder Pattern, unduh di sini

04. Singleton Pattern, unduh di sini

05. Strategy Pattern, unduh di sini

06. Template Method pattern, unduh di sini

07. Chain of Responsibility pattern, unduh di sini

08. Decorator pattern, unduh di sini

09. Adapter pattern, unduh di sini

10. Facade Pattern, unduh di sini

 

Tugas Besar :

Penjelasan tentang tugas besar dapat diunduh di sini.

8 thoughts on “Design Pattern

  1. Assalamualaikum wr.wb bu.. Saya mau nanya mengenai tugas kelompok ke-2, tentang strategy pattern. Apa boleh saya membuat 2 class turunan dari class BukuAlamat?
    Jadi, data yg 10 dijadikan Object yang berbeda seperti halnya class Duck dengan class turunannya MallardDuck dan DecoyDuck? Mohon arahannya. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar