Assalaamu’alaikum wr.wb
Mata kuliah Desain Pattern menjelaskan tentang solusi-solusi persoalan yang muncul pada object-oriented programming. Solusi-solusi ini dibukukan pertama kali oleh Gang of Four (GoF). Pattern digunakan untuk menghasilkan software yang good design dengan menerapkan prinsip-prinsip perancangan object-oriented. Terdapat 23 pattern dari GoF yang dikelompokkan menjadi creational, behavioural, dan structural pattern. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca di buku-buku referensi yang telah saya sampaikan di kelas. Adapun slide yang dapat anda unduh dari halaman ini sifatnya hanya ringkasan.
Demikian, semoga bermanfaat.
Wassalaamu’alaikum wr.wb
E-book Design Pattern :
1. Java Design Patterns : A Tutorial
3. Design Patterns : Elements of Reusable OO Software
Materi ajar :
01. Pengenalan Desain Pattern, unduh di sini
02. Factory Method pattern, unduh di sini
03. Builder Pattern, unduh di sini
04. Singleton Pattern, unduh di sini
05. Strategy Pattern, unduh di sini
06. Template Method pattern, unduh di sini
07. Chain of Responsibility pattern, unduh di sini
08. Decorator pattern, unduh di sini
09. Adapter pattern, unduh di sini
10. Facade Pattern, unduh di sini
Tugas Besar :
Penjelasan tentang tugas besar dapat diunduh di sini.
Assalamualaikum wr. wb.
Bu, tugas 1 Factory apa dikirim email? atau d bawa waktu pertemuan minggu depan?
terimakasih…
wa’alaikumussalam
Tugasnya diprint dan dikumpulkan sesuai jadwal.
Wassalam,
bu contoh interface untuk strategy pattern tolong di share 🙂
terimakasih
bu contoh interface untuk strategy pattern tolong di share (class duck)
🙂
terimakasih
Assalamualaikum wr.wb bu.. Saya mau nanya mengenai tugas kelompok ke-2, tentang strategy pattern. Apa boleh saya membuat 2 class turunan dari class BukuAlamat?
Jadi, data yg 10 dijadikan Object yang berbeda seperti halnya class Duck dengan class turunannya MallardDuck dan DecoyDuck? Mohon arahannya. Terima Kasih.
Maksudnya bagaimana?